KKN Mahasiswa UM Bantu Pelaku UMKM Promosikan Hasil Produk Secara Online

LUMAJANG, fajarnasional.comPesatnya kemajuan zaman dan juga teknologi memunculkan banyaknya ide bisnis yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya adalah Usaha Mikro, Kecil, Menengah yang biasa dikenal dengan singkatan UMKM.

UMKM di Kabupaten Lumajang sendiri berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu pilihan bisnis yang ditekuni oleh masyarakat Lumajang. Salah satu contoh nyata adalah Ibu Wiwit, salah satu masyarakat Desa Tanggung, Kecamatan Padang.

Ibu Wiwit adalah satu dari sekian masyarakat Desa Tanggung yang memiliki usaha sendiri dari rumahnya. Beliau menekuni usaha aneka kue, baik kue kering maupun kue basah serta beragam katering dengan tampilan yang indah dan kreatif.

Ibu Wiwit mengaku sudah menekuni usaha ini sejak 3 tahun yang lalu. Usahanya kini mulai berkembang dan memiliki banyak sekali pelanggan khususnya di sekitar daerah Lumajang. Beliau cukup sering menerima pesanan kue hingga 1.000 kue per pesanan.

Selama menjalankan usahanya ini, Ibu Wiwit dibantu oleh seorang warga yang juga merupakan asistennya. Namun, usaha yang cukup menjanjikan ini hanya dipromosikan melalui Whatsapp saja.

Sangat disayangkan terutama bagi usaha yang mulai berkembang dan cukup menjanjikan ini. Maka dari itu, Mahasiswa KKN Pulang Kampung UM mengadakan program kerja pendampingan pendistribusian produk melalui media online.

Sasaran target dalam program kerja ini adalah usaha kue dan katering milik Ibu Wiwit. Beliau tampak antusias dan bersemangat ketika mahasiswa KKN akan membantu pemasaran produknya. Kegiatan dilakukan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 5, 12 dan 13 Juli 2021.

“Saya merasa senang ketika adik-adik KKN ini mau membantu saya mempromosikan hasil produk saya ini. Semoga dengan adanya langkah pemasaran secara online ini dapat membantu saya mengembangkan usaha ini,” ujar Ibu Wiwit, kepada fajarnasional.com, Jum’at (23/7).

Hal pertama yang dilakukan oleh mahasiswa KKN adalah melakukan survei kepada beberapa pemilik usaha di Desa Tanggung. Setelah menemukan sasaran target yang dirasa cocok, mahasiswa berkunjung ke rumah pemilik usaha, yaitu Ibu Wiwit.

Selanjutnya, hal yang dilakukan adalah berdiskusi dengan beliau dan bertanya apa saja kendala yang dihadapi selama menekuni usaha ini. Setelah mendapatkan data, mahasiswa KKN mulai merancang apa saja program yang akan dilakukan untuk membantu Ibu Wiwit.

Mahasiswa KKN kemudian membuatkan Ibu Wiwit akun instagram dimana akun tersebut akan digunakan untuk mempromosikan hasil produk dari usaha ini. Selanjutnya, mahasiswa KKN kembali mengunjungi rumah Bu Wiwit untuk membantu Ibu Wiwit mengoperasikan instagram sekaligus mengajari beliau beberapa cara marketing agar mendapatkan banyak pengikut/follower.

Selain itu, mahasiswa KKN juga membuatkan desain instagram yang menarik bagi produk Ibu Wiwit. Di harapkan dengan adanya program kerja ini, usaha yang ditekuni oleh Ibu Wiwit dapat berkembang menjadi usaha yang besar dan sukses.

Penulis: Abisag Nanda Adi Kristi (S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) & Dien Oktaviandri Islamiati (S1 Ilmu Keolahragaan)
Editor: Redaksi

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *