5 Besar Pesantren Paling Bagus di Lumajang, Ini Daftarnya!

fajarnasional.com – Pesantren Kabupaten Lumajang tersebar pada sejumlah kecamatan, kelurahan, dan desa, baik pondok salaf, tahfidzh, ataupun kombinasi pondok dengan sekolah formal yang berada dalam sistemnya.

Jika melihat daftar pondok pesantren yang berada pada Kabupaten Lumajang, ada ratusan ponpes yang berdiri pada kabupaten ini. Namun, hanya beberapa saja yang mewakili untuk mengulasnya.

Berikut 5 Besar Pondok Pesantren Lumajang paling bagus :

5. Pondok Pesantren Khomsani Nur

Berdiri pada tahun 2011, dengan alamat Jalan Kaspii RT3/RW3 Desa Klanting Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Pada saat ini menaungi santri sebanyak 90 anak, terdiri dari 60 santri putra dan 30 santri putri.

Adapun visinya ialah Menciptakan Generasi Qurani yang Mampu Menjawab Tantangan Zaman. Sementara misinya ialah Mengamalkan Al-Quran dan Sholawat dalam Kehidupan Sehari Hari dan Pembelajaran Nachwu Shorof untuk Pemahaman Kitab.

Pondok ini memiliki program Tahfidzul Qur-an dan Kelas Kitab Salaf. Lembaga dalam naungan Yayasan Khomsani Nur adalah, LKSA Al-Mansuriyah, MI Nurul Islam, MTs Diponegoro dan Madrasah Aliyah Khomsani Nur.

Baca Juga : Guna Akses Jalan Masuk, Pondok Khomsani Nur membuka Wakaf Tunai Pembebasan Lahan

4. PP Miftahul Midad

Pendirinya adalah KH. Anas Abdul Halim dan berlokasi pada tanah wakaf seluas 750 m² pada tahun 1986. Seiring waktu berjalan, semakin banyak santri yang ingin mendalami ilmu agama pada pesantren ini.

Oleh karena itu, pengasuh serta para pengurus memutuskan untuk membangun juga sekolah formal dan memperluas lahan. Kemudian, berdirilah MTs pada tahun 1995, dan melanjutkan dengan pembangunan MA Miftahul Midad.

3. Pondok Pesantren Kyai Syarifudin

Pondok yang telah berdiri sejak tahun 1912 ini Pendirinya adalah Kyai Syarifuddin, yang sebelumnya bernama Ponpes Tashilul Mubtadi’in.

Namun, saat sepeninggal beliau dan sebagai penghormatan, nama pesantren berubah menjadi Pondok Pesantren Kyai Syarifudin. Alamat pondok ini berada pada Desa Wonorejo RT 15 RW 06, Kedungjajang, Lumajang, Jawa Timur.

2. Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Labruk Lor

Beralamatkan di Laban, Labruk Lor, Kec. Lumajang. Pondok salaf ini merupakan pengembangan dari Ponpes Alfauzan yang berdiri pada tahun 1917 dengan pengasuh KH. Mansur bin KH. Umar bin KH. Fauzan bin Ki Ageng Selo.

Adapun Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Labruk Lor ini, berdiri pada tahun 2007 oleh Kyai Imron Zamzami, S.H yang merupakan menantu dari KH. Mansur. Selain pondok pesantren, juga tersedia pendidikan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Baca Juga : Forkopimka Sukodono Kunjungi Pondok Khomsani Nur Klanting 

1. Pondok Pesantren Darun Najah

Beralamatkan pada Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang 67316. Berdiri pada tahun 1995 dan bermula dari sebuah Madrasah Diniyah Awaliyah yang memiliki santri sekitar 20-an. Namun, semakin lama berkembang pesat dan memiliki jumlah santri dan pengajar yang semakin banyak jumlahnya hingga sekarang.

Pengasuhnya adalah Kyai H. Moch. Khozin Barizi. Tidak hanya pondok, ada juga tersedia lembaga pendidikan formal, yaitu MTs, MA, serta SMK. Selain itu, juga terdapat lembaga non-formal, yaitu Madrasah Diniyah serta Tahfidzul Qur’an. (sumber : infopesantren.com/Atz)

Bagikan

One thought on “5 Besar Pesantren Paling Bagus di Lumajang, Ini Daftarnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *